Senin, 14 Januari 2013

JENIS JENIS BURUNG KICAU



Burung Parkit


Burung Parkit Umum Burung parkit merupakan burung yang berasal dari keluarga Psittacidae atau parrot (burung nuri) yang dikenal sebagai burung peliharaan. Di dalam istilah internasional burung ini dikenal dengan nama budgerigar atau parakeet. Namun istilah yang lebih sering digunakan adalah budgie (kependekan dari budgerigar). Kata Budgerigar sendiri berasal dari bahasa Aborigin “betcherrygah''

pasangan burung parkit




Punglor Kembang Amerika – Hermit Trush


Punglor Kembang Amerika – Hermit Trush Sepertinya akan terdengar aneh jika mendengar ada Punglor Kembang Amerika karena ternyata di Amerika ada juga burung Punglor Kembang. Di benua Amerika memang banyak terdapat keluarga Turdidae dengan berbagai jenis misalnya Catharus guttatus atau Hermit Trush yang merupakan sepupu dari Zoothera interpres atau Punglor Kembang yang ada di Indonesia.


catharus guttardus


Burung Beo Nias


Beo Nias Burung beo nias adalah salah satu anak jenis (subspesies) burung beo yang endemik atau hanya bisa ditemukan di pulau Nias, Sumatera Utara di mana keberadaan dari burung ini semakin hari semakin langka. Beo nias merupakan subspesies beo yang paling terkenal dan paling banyak diminati oleh penggemar burung karena burung ini bisa meniru bahasa manusia.

 burung beo nias



Burung Glatik Wingko


Umum Burung glatik wingko (Parus cinereous ) atau dikenal dengan Great Tit dalam bahasa inggris adalah burung berukuran kecil  yang bukan hanya dikenal sebagai burung masteran namun juga cukup terkenal sebagai burung lomba. Buktinya adalah burung ini sudah mulai sering diperlombakan di berbagai sejumlah event lomba burung berkicau. Burung glatik wingko jika berkicau akan mengeluarkan kicauan yg nyaring dan keras.

 gelatik wingko


Burung Branjangan


Umum Burung branjangan termasuk salah satu jenis burung berkicau dan passerin (petengger) yang mampu menirukan suara burung lain dengan sangat baik, meskipun sesungguhnya suara burung branjangan hanya terdiri dari tiga potongan lagu utama, yakni “cek”, “tit”  atau “cik” dan “tir”.   Sifat Burung branjangan mampu terbang di tempat (hovering) sambil berkicau, dimana kemampuan ini hanya dimiliki burung jenis ini saja.

 burung branjangan

Burung Blackthroat


Umum Burung Blackthroat (Serinus Atrogularis)  atau disebut dengan Blackthroated canary atau Yellow-rumped Seedeater merupakan burung yang berasal dari Benua Afrika. Burung ini masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda melalui orang-orang Belanda. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia “Black” adalah “hitam”, sedangkan  dan “throat” adalah  “kerongkongan”. Jadi arti keseluruhan dari blackthroat adalah “kerongkongan hitam”.

 blackthroat


Burung Gold Amadin


Umum Gold Amadin (Chloebia gouldiae) atau dikenal dengan nama lain  Gould ian finch dan Gould Amadian merupakan burung yang termasuk keluarga besar Finch. Gouldian berasal dari Australia dimana John Gould adalah penemu pertama dari burung ini yang berhasil menemukan habitat terbesarnya di padang Sabana, Australia Utara. Burung Gold Amadin ini memiliki corak warna bulu yang sangat menarik, variatif antara kuning ,hijau,merah dan biru ke unguan.

 burung gouldian finch


Burung Tledekan


Umum Burung tledekan atau Sulingan memiliki banyak nama daerah seperti cacing awi, langa-longo atau anis bambu. Burung yang berasal dari famili Muscicapidae dan Genus Niltava ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan burung ciblek. Yang membedakannya dengan burung ciblek hanya skelasnya, suara kicauan, dan gaya bertarungnya. Burung tledekan memiliki banyak spesies. 

 burung tledekan


Burung Kacer


Burung kacer (magpie robin) termasuk dalam genus Copsychus. Burung ini bisa ditemukan di Thailand, Nepal, Filipina, India, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia pada umumnya burung kacer (Magpie Robin) memiliki dua jenis, yaitu Copsychus sechellarum atau kacer hitam (kacer jawa) dan Copsychus saularis atau kacer poci/sekoci (kacer sumatra).

burung kacer


Burung Ciblek


Burung ciblek (Prinia familiaris) atau biasa dikenal dengan burung prenjak adalah burung nomor satu yang sudah mulai langka di kelas menengah. Burung ini  sejajar dengan burung jenis tledekan dan decu. Burung yang termasuk dalam keluarga Prinia ini biasanya ditemukan di pulau Jawa. Sumatera dan Bali. Burung ini hidup di ketinggian antara 900 m dpl (Sumatra).

 burung ciblek


Burung Trucukan


Burung Trucukan atau biasa disebut merbah cerukcuk  adalah keluarga dekat burung Cucak Rawa. Burung ini hidup berkelompok. Tidak jarang burung ini mencari makanan maupun bertengger dengan burung yang berjenis sama atau burung yang berbeda jenis. Bahkan biasanya burung ini tidur berkelompok di ranting-ranting perdu atau pohon kecil. Burung ini menyukai tempat-tempat yang terbuka seperti kebun dan taman taman di perkotaan.


 trucukan


Burung Love Bird


Umum Burung lovebird termasuk burung yang hidup secara berkelompok. Lovebird termasuk burung yang berasal dari famili Psittacidae dari genus Agapornis. Genus Agapornis sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu agape yang artinya “cinta” dan ornis yang artinya “burung”. Burung lovebird terkenal sebagai burung yang mempunyai warna bulu yang menarik, suara yang panjang dan sifat-sifat yang unik.

love bird lutino


Burung Anis Kembang


Burung anis kembang (zoothera interpres) merupakan jenis burung yang mempunyai suara dan kicauan yang merdu, sehingga burung ini sering nampak pada berbagai lomba kicau burung. Burung ini sebelumnya pernah mengalami masa jaya di tahun 1990 an, di mana waktu itu jenis burung ini sering memenangkan berbagai kejuaraan lomba kicau burung.

burung anis


Burung Kacamata


Burung Kacamata (Zosterops palpebrosus) biasa disebut Pleci atau Siki Nangka. Dalam bahasa inggris burung ini disebut “Oriental White Eye” atau bahasa ilmiahnya adalah burung kecil dari famili Zosteropidae yang merupakan bangsa burung petengger (passeriformes). Burung ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil, sekitar 11 cm dan bulu berwarna hijau kekuningan. Selain itu burung ini juga memiliki suara yg khas dan kini sudah di perlombakan.

 burung kacamata

Burung Kolibri, Burung Terkecil Di Dunia


Burung kolibri atau dalam bahasa inggris disebut sebagai hummingbird adalah burung yang terkecil di dunia karena hanya mempunyai  berat badan sebesar 6 gr dan panjang tubuh 6, 35cm. Gerakan sayap burung kolibri sangat cepat, yaitu  12-80 kali kepakan sayap dalam satu detik. Hamper sama dengan seekor lebah.

 burung kolibri


Burung Kepodang


Burung kepodang (Oriolus chinensis) tersebar luas di seluruh belahan Asia, mulai dari China, Korea, Taiwan, Negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Indonesia, burung berbulu indah ini dapat dijumpai di pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Jawa. Burung kepodang termasuk jenis burung berkicau dan mempunyai bulu yang indah. Di Jawa Tengah biasanya burung kepodang digunakan untuk mengisi halaman depan karena burung kepodang identik dengan alam jawa tengah.

 burung kepodang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar